Military and Safety Footwear

Apakah anda pernah mendengar jenis sepatu oxford?

Sepatu ini mempunyai tampilan dengan ciri khas tali-tali yang terdapat pada bagian atas sepatu. Secara general, sepatu ini mempunyai model layaknya sepatu pantofel, namun memiliki tali-tali untuk mengatur kekencangan sepatu terhadap kaki si pemakainya dan mempunyai ujung yang meruncing. Biasanya sepatu oxford terbuat dari bahan kulit. Pada awal kemunculannya, sepatu ini memiliki warna polos dan terbuat dari kulit sapi.

Namun seiring dengan perkembangan mode, kini model sepatu ini sudah mengalami perkembangan dengan dibuat dari bahan kulit suede, kulit patent bahkan juga ada yang dibuat dari canvas. Modelnyapun yang awalnya polos, kini sudah mulai dibuat dengan perpaduan kombinasi warna dan ornamen bentuk lubang-lubang atau biasa disebut brogue, yang menjadikan sepatu ini tampak lebih casual. Karena itulah, sepatu jenis oxford ini mempunyai kelebihan, yaitu dapat digunakan untuk sepatu casual maupun sepatu resmi yang sering dipakai sebagai busniness wear karena memang modelnya resmi sekali dan mendukung untuk keperluan tampilan bisnis.

Menurut sumber dari wikipedia, sepatu ini muncul pertama kali di Irlandia dan Skotlandia dengan nama awal Balmorals atau Balmoral Castle, dan Balmorals ini adalah model sepatu oxford paling standar yang pernah ada. Namun kemudian akhirnya sepatu ini dinamai oxford.